Pages

Blogger templates

Tuesday, September 10, 2013

Out Door Games (ODG) Pramuka - Meniti Tambang

Salam Pramuka...!!!

Kegiatan seperti apa yang menarik dan menantang untuk peserta didik agar mereka tetap betah dan rajin mengikuti latihan pramuka? Pertanyaan seperti ini beberapa kali muncul di Inbox penulis. Saya sendiri sadar bahwa saya adalah pembina yang berusia masih cukup muda, sehingga pengalaman pun belum seberapa, terutama dalam pembinaan di Gerakan Pramuka. Namun penulis tetap berusaha untuk memberikan sedikit gambaran-gambaran kegiatan yang menarik untuk kakak terapkan di gugus depan masing-masing. Ingat, serumit atau semudah apapun kegiatan tersebut haruslah disukai dan bermanfaat untuk anggota Pramuka pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Kak Hayun (Kwarran Metro Kibang) sedang meniti tambang
Meniti Tambang atau apapun namanya adalah sebuah permainan yang sering kali kita jumpai, dimana ada penjelajahan / hiking / LLAHR / LLDHR atau sejenisnya, disitulah ada rintangan meniti tambang. Walau sederhana, kegiatan ini terbukti tidak membosankan untuk Pramuka, khususnya Pramuka Penggalang.
Peralatan :
  1. Tambang ukuran besar 10-50 meter
  2. Tambang ukuran sedang 10-50 meter
  3. dua buah tiang atau pohon untuk mengikat
Pelaksanaan :
  1. Ikatlah tambang besar pada dua buah tiang yang sangat kuat atau pada pohon yang besar.
  2. Ikatlah tambang yang berukuran sedang 2 meter di atas tambang besar sebagai pegangan.
  3. Akan lebih menantang kalau tambang diikat dengan melewati sebuah sungai yang tidak terlalu dalam, sawah, atau lumpur agar permainan lebih menantang (Ingat!!! Perhatikan keselamatan peserta)
  4. Peserta dapat melewati rintangan satu persatu ada 2-3 orang sekaligus jika tambangnya dirasa cukup kuat.
Demikian sedikit gambaran Permainan yang sederhana, mudah-mudahan dapat menambah sedikit referensi kakak tentang permainan yang menarik dan menantang. Demikian dan terima kasih. Salam Pramuka!!!

No comments:

Post a Comment

Blogger news

manu manchester wall united al-ina